BeritaKampusTerbaru

Ustadz Abdul Aziz QM Kuliah Umum di Batam

Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Bayan Hidayatullah Makassar, Ustad Dr. Aziz Qahhar Mudzakkar (AQM) membawakan kuliah umum di gedung Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) dan Institut Abdullah Said Hidayatullah Batam, Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 H (27/01/2020)

Pada kesempatan tersebut AQM memberikan pencerahan manhaj kepada ratusan mahasiswa yang hadir. Ia menerangka tentang pentingnya memahami wahyu Tanziliyah, Kauliyah dan Kauniyah yang merupakan landasan manusia dalam menjalankan aktivitas di dunia ini.

“Pada dasarnya ilmu itu dibagi atas dua bagian yaitu ilmu Tanziliyah atau Kauliyah dan ilmu Kauniyah,” terang Anggota Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum (DPPU) Hidayatullah ini

Wahyu Tanziliyah merupakan ayat yang ada di dalam Al Qur’an maupun hadits. termasuk Taurat, Zabur, dan Injil. sementara wahyu Kauniyah adalah ayat Allah Ta’ala yang ada di alam semesta.

Antara kedua wahyu tersebut tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan. Wahyu kauliyah berfungsi sebagai penuntun jalan hidup manusia sementara wahyu kauniyah merupakan wadah atau sarana bagi manusia untuk menjaga keutuhan alam ini.

Sehingga mempelajari wahyu tersebut sangat penting agar pesan yang disampaikan dalam ayat itu bisa dipahami dan diaplikasikan dalam merawat bumi Allah ini.

“Wahyu ini saling melengkapi, ayat kauliyah untuk mempelajari tentang ayat Allah dan wahyu Kauniyah itulah yang dipelajari melalui matematika, fisika, kimia biologi dan sebagainya. Jadi kalau kita mempelajari ilmu ini, sebenarnya kita mempelajari wahyu Allah di alam raya ini,” terang Senator asal Sulsel tiga periode ini (2004-2019).

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, dan pada silih bergantinya langit dan siang, ada tanda tanda (kekuasaan Allah) bagi orang orang yang berakal.” (Ali Imran : 190)

“Ini salah satu ayat penjelas tentang ayat kaunia ini,” tandasnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close